Jumat, 10 Februari 2017

Kiamat


Assalamu'alaikum wr wb,

          

        Kiamat, merupakan hari yang menjadi sebuah keniscayaan. Tidak ada yang tahu kapan kiamat terjadi kecuali  Allah Swt saja, Pun Rasulullah Saw. Meski begitu, Rasulullah Saw telah menyebutkan tanda-tandanya. Tanda-tanda itu beliau sampaikan ketika Malaikat Jibril datang dan bertanya tentangnya. 

          Ada banyak sekali tanda kiamat yang telah Rasulullah Saw sebutkan, salah satunya adalah sabda beliau berikut, "Dan engkau menyaksikan orang yang tidak memakai sandal, telanjang lagi miskin yang mengembala domba, berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi." (HR. Muslim)

          Ibnu 'Abbas Ra, dia bertanya, "Wahai Rasulullah, dan siapakah para pengembala, orang yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar, dan yang miskin itu?" Beliau menjawab, "Orang Arab." (HR. Imam Ahmad)
          Dalam riwayat lain, Rasulullah Saw bersabda, "Tidak akan datang hari Kiamat hingga manusia berlomba-lomba meninggikan bangunan." (HR. Bukhari)

Kebenaran Sabda Rasul

          Seperti yang telah diketahui bersama, negara di Semenanjung Arab (Timur Tengah) dulunya adalah negara yang gersang lagi tandus. Jika malam tiba, keadaannya gelap gulita. Sebagian besar dari penduduknya adalah para pengembala lagi miskin. Namun seiring perkembangan teknologi, terlebih teknologi pengeboran minyak bumi, negara di Semenanjung Arab pun berkembang pesat. Pada tahun 1919 dan tahun 1927 dilakukan eksplorasi minyak bumi. Eksplorasi ini menjadi pemboran produksi minyak bumi pertama kali di Timur Tengah. Di tahun itu pula ditemukan lapangan minyak Kirkuk dengan produksi minyak bumi mencapai 100.000 bpd.

          Pada tahun 1939, beberapa lapangan minyak bumi raksasa di Saudi Arabia juga ditemukan. Selanjutnya pada 1960 di Kuwait dilakukan pencarian minyak bumi. Pada tahun 1966 dan tahun 1973 minyak bumi ditemukan di Dubai.

          Penemuan minyak bumi ini berdampak besar bagi kehidupan masyarakat Semenanjung Arab. Perubahan itu pun terlihat hingga sekarang. "Wahai Rasulullah dan siapakah para pengembala, orang yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu.?" "Orang Arab.", jawab Rasulullah Saw. Jawaban itu telah Allah ilhamkan kepada beliau Saw 1400 tahun yang lalu. Sebelum bangsa Arab sendiri tahu bbahwa mereka memiliki kekayaan alam berlimpah berupa minyak bumi.

          Saat ini, Semenanjung Arab yang tidak pernah terpikirkan akan ditempati berubah menjadi sebuah tempat yang dituju dunia. Bahkan menjadi salah satu pusat dunia. Syaikh Mohammed bin Rashid al-Moktoum, pemimpin kota Dubai yang sekaligus wakil presiden Uni Emirates Arab mengatakan, "Inilah tempat ayah, ibu, dan kami tinggal. Saat aku lahir, tidak ada listrik disini. Hanya bagian itu dan itu (menunjuk dua titik tempat lampu menyala di rumah besar itu) dan tidak ada air."

          Syaikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum menunjukan foto rumah kakeknya di masa lalu kepada BBC dalam sebuah wawancara. Jangan tanya soal hotel berkelas di Dubai pada masa itu, karena saat ditemukan minyak, hanya ada satu hotel berkelas di sana, yaitu Hotel Shraton. Sekarang? Jangankan hotel bintang lima, yang lebih dari itu pun ada. Malahan 7 dari 10 hotel tertinggi di dunia, ada di Dubai, Tak lupa, gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga ada di sana.

          Arab Saudi juga tak luput mempercantik diri. Bangunan tinggi didirikan di Kota Mekah, pemerintah Jedaj, dan lainnya. Di Kota Mekah, pemerintah Arab Saudi kini tengah membangun Mecca Royal Clock Hotel Tower yang direncanakan berketinggian lebih dari 601 meter dan luasnya 1.500.000 meter persegi.

          Kota Jedah yang dahulunya kota pinggir laut gersang, kini bermetamorfosis menjadi salah satu pusat perekonomian yang ada di dunia. Bahkan sebentar lagi di kota ini akan berdiri sebuah gedung tandingan Burj Khalifa, yaitu gedung Kingdom Tower. Pada tahun 2016, pembangunan Kingdom Tower baru selesai 26 lantai. Pembangunan Kingdom Tower ditargetkan rampung pada tahun 2020.

          Selain Dubai dan Saudi Arabia, negara lain di Semenanjung Arab juga telah bermertamorfosis ini adalah bukti akan kebenaran sabda Rasulullah Saw akan tanda dekatnya hari kiamat. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua.


Wassalamu'alaikum wr wb.

Share this

0 Comment to "Kiamat"

Posting Komentar