Minggu, 28 Januari 2018

Sudah Khusyu'kah Sholatmu ?

Sudah Khusyu'kah Sholatmu ?



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

“Sesungguhnya beruntunglah orang - orang  yang beriman ,yaitu orang - orang yang khusyu' dalam sholatnya.” (QS Al-Mu’minun : 1-2)

BUREMA kali ini akan membahas mengenai sulitnya khusyu dalam shalat.
ukhti wa akhi, sebenarnya apa itu khusyu? dan mengapa banyak orang yang sulit untuk melaksanakannya?

Khusyu sendiri ialah khudhrul qalbi yang berarti konsentrasi hati. Maksud dari konsentrasi hati yaitu hati dan fikiran kita semua hanya tertuju pada bacaan – bacaan shalat dan gerakan-gerakan shalat. Dalam shalat kita harus menenangkan fikiran serta hati kita. 
Mari kita simak yang berikut ini.

1.  Sertakan Hatimu        
Dalam melakukan ibadah shalat jangan hanya anggota tubuh kita yang melakukannya tapi sertakan pula hati kita. Tanamkanlah sikap “ihsan” yaitu kita beribadah seakan-akan kita melihat Allah, atau jika tidak bayangkan saja Allah sedang melihat kita dan mengawasi kita.

2.   Pahami Artinya
Bukan hanya gerakan shalat yang dimengerti tapi ayat-ayat dalam bacaan shalat pun harus dimengerti pula artinya, karena setiap ayat dalam bacaan shalat memiliki makna yang sangat mendalam.
Insya Allah dengan mengerti artinya kita dapat menghayati dan khusyu' dalam melakukan ibadah shalat.

3.  Anggap Sholat Terakhirmu
Seseorang tidak akan pernah tau kapan maut akan menjemput, sungguh rugi jika setiap kali kita shalat tapi tak pernah didapati khusyu' di dalamnya. Apa yang akan kita lakukan jika kita tau hari ini adalah hari terakhir kita? ya benar - benar hari terakhir.. Akankah hanya diisi dengan ibadah yang seadanya dan tanpa kesungguhan? Sudahkan kita siap mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita?

“Beribadahlah engkau seakan akan engkau akan mati besok, carilah ilmu dunia seakan akan engkau akan hidup seribu tahun lagi." 
Seorang mampu melakukan demikian tentu akan mengerahkan seluruh konsentrasi dan daya upaya agar sholat yang dilakukan adalah kualitas terbaik yang semaksimal mungkin dilakukannya.

Terimakasih sudah membaca edisi BUREMA kali ini.semoga bermanfaat.

Wassalamua’laikum warahmatullahi wabarakatuh.

Share this

0 Comment to "Sudah Khusyu'kah Sholatmu ?"

Posting Komentar