Selasa, 14 Juni 2016

Apakah Merokok Itu Haram ?

Assalamu'alaikum.Wr.Wb.


Hampir semua keluhan tentang rokok biasanya tidak datang dari perokoknya, tapi orang lain yang ‘menjadi korban si perokok’. Para perokok sendiri mempunyai sekumpulan alasan demi mempertahankan semua ‘yang dianggapnya benar’. Akhirnya orang lain lelah dan putus asa untuk menghentikan kebiasaan pecandu rokok.
Satu hal yang perlu kita ingat: “tidak ada satu orang pun yang dapat merubah saya kecuali saya sendiri yang menginginkan perubahan itu dan membuatnya terjadi”. Rokok memang tidak ada pada zaman Nabi ,tetapi Islam datang membawa kaidah-kaidah umum yang melarang segala sesuatu yang mendatangkan bahaya bagi badan atau menyakiti orang lain atau menyia-nyiakan harta. Firman Allah SWT :

1. Menghalalkan yang baik dan mengharamkan yang buruk (Al-A'raf : 157)
وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ  

2. Menjatuhkan diri sendiri dalam kebinasaan (Al Baqarah : 195) . Rokok menimbulkan penyakit yang mengakibatkan kematian seseorang .
وَلاَ تُلْقُواْ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ 

3. Jangan membunuh dirimu sendiri (Annisa : 29) . Rokok membunuh secara perlahan. وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ

4. Lebih besar bahayanya daripada manfaatnya (Al Baqarah : 219) . 
  وَإِثْمُهُمَآ أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا 

5. Menyia-nyiakan harta .Rasulullah bersabda " Allah membencimu karena kamu menyia-nyiakan harta" (HR.Bukhari Muslim)

6. Hukuman yang setimpa di Neraka Jahanam . Rasulullah bersabda "Barangsiapa menghirup racun hingga mati , maka racun itu akan berada ditangannya lalu dihirupkan selama-lamanya di neraka jahanam" (HR.Muslim)

Dari semua hadist maupun ayat Al Qur'an tersebut diatas dijelaskan bahwa rokok termasuk diantara semua yang negatif dan membahayakan semua orang . Apakah anda masih termasuk orang yang beragama dan berperasaan ? . Apabila rokokmu membuat orang terganggu dan mengotori udara , maka mengotori udara hukumnya haram seperti halnya mengotori air yang dapat membahayakan orang . Andai kata kita bertanya kepada orang yang menghisap rokok : " Apakah rokokmu itu akan dimasukkan ke dalam amalan baik ? " pasti dia menjawab tidak . 


Mari teman semua untuk memohon kepada Allah agar bisa meninggalkan rokok, karena barangsiapa meninggalkan sesuatu karena Allah ta'ala ia akan diberikan pertolongan dan bersabarlah kamu , karena Allah bersama orang yang sabar. Wallahu'alam Bishawab .

Wassalamu'alaikum.Wr.Wb. 

Share this

0 Comment to "Apakah Merokok Itu Haram ?"

Posting Komentar